Paguyuban Karya Salemba Empat Universitas Sumatera Utara merupakan kumpulan mahasiswa/i yang menerima beasiswa dari Yayasan Karya Salemba Empat di Universitas Sumatera Utara. Paguyuban ini dibentuk untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan solidaritas para penerima beasiswa untuk sama-sama mewujudkan visi dan misi Yayasan Karya Salemba Empat untuk membangun generasi muda yang berkualitas. Paguyuban Karya Salemba Empat Universitas Sumatera Utara juga merupakan perpanjangan tangan Yayasan KSE untuk membantu masyarakat dengan beragam program kerja yang bertujuan untuk membangun rasa peduli dan bertanggungjawab antar penerima. Paguyuban Karya Salemba Empat USU pertama kali dibentuk dan diresmikan pada tanggal 11 November 2011 di Restaurant Koki Sunda, Medan. Ketua paguyuban pertama adalah Abangda Franheit.

Selanjutnya, demi membangun Paguyuban KSE USU yang semakin baik, setiap tahunnya diadakan pemilihan ketua Paguyuban. Setelah berjalan delapan tahun berikut nama-nama yang pernah menjabat sebagai ketua Paguyuban, Cahya Ramadhani, Taufik Atmaja, M. Ridho, Ahmad Taufik, Riana, dan Agung Rezky. Selama hampir 8 tahun perjalanan Paguyuban KSE USU sudah melahirkan banyak penerima dan alumni yang berkualitas. Beragamnya program baik Pelatihan langsung dari Yayasan, program kerja langsung ke masyarakat menjadikan penerima beasiswa KSE USU memiliki nilai tambah sebagai mahasiswa. Saat ini terdapat tujuh divisi yang ada di Paguyuban KSE USU yaitu,

  • Kampoeng Belajar Division (Kabel) yang menyediakan bimbingan belajar gratis untuk membantu anak-anak SMA menuju PTN.
  • Public Relations Division (PRD) yang bertugas untuk mengelola media sosial dan publikasi setiap kegiatan di Paguyuban KSE USU.
  • Event Organizer Division (EO) merupakan divisi yang merancang setiap kegiatan di Paguyuban KSE USU agar lebih kreatif.
  • Community Dedication Development Division (CDD) merupakan divisi yang mengadakan bina desa dan kegiatan sosial ke desa yang ingin dibangun lebih baik oleh Paguyuban KSE USU.
  • Human Resource Development Divison (HRD) bertugas membangun bakat-bakat penerima beasiawa KSE. Entrepreneurship Division membantu mengembangkan jiwa wirausaha penerima beasiswa KSE USU.
  • Research and Development Division (RND) membantu pengembangan dan pengelolaan seperti pembuatan pupuk, ternak lele dan termasuk mengembangkan ide pembuatan Karya Tulis Ilmiah.

 

Paguyuban KSE USU memiliki logo seperti tiga orang dengan warna yang berbeda yang saling bergandengan tangan. Makna tiga orang tersebut adalah menggambarkan Sprit KSE yaitu Sharing, Networking dan Developing. Saling bergandengan dalam logo artinya menjalin kekeluargaan antar penerima beasiswa KSE. Warna yang berbeda di logo mencerminkan keberagaman yang ada pada penerima beasiswa KSE, namun menjadi satu keluarga, yaitu Keluarga Paguyuban KSE USU. Semoga semangat KSE selalu membara pada setiap penerima. KSE Jaya Jaya Jaya.